Ketahui Cara Mudah Untuk Cek ID Pelanggan PLN

Ketahui Cara Mudah Untuk Cek ID Pelanggan PLN

Saat ini listrik memang telah menjadi kebutuhan primer yang wajib dipakai untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dengan adanya listrik, maka berbagai macam perangkat elektronik seperti pompa air, lampu, televisi, kulkas, ac, komputer, laptop, smartphone dan lainnya dapat hidup. Pastinya bagi pelanggan pascabayar penting sekali untuk melakukan pembayaran tagihan listrik sesuai tanggal pada setiap bulannya. Lantas bagaimana cara cek ID pelanggan PLN bagi listrik pascabayar?

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cek ID pelanggan PLN untuk listrik pascabayar dilakukan dengan cara yang mudah. ID pelanggan PLN memang penting karena sering digunakan untuk mengecek tagihan dan juga membayar tagihannya. Lewat ID pelanggan anda dapat mengecek tagihan PLN secara online. Anda juga bisa melakukan cek tagihan listrik lewat aplikasi yang tersebar di Google play store. Cara ini tentunya bisa anda lakukan dengan mudah.

5 Cara Cek ID Pelanggan PLN

Ada lima cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui ID pelanggan PLN anda. Ini bisa bermanfaat bila anda lupa ID PLN.

1. Cek Lewat Struk PLN

Untuk mengetahui ID pelanggan pascabayar untuk PLN bisa menggunakan struk pembayaran PLN. Jika anda masih menyimpannya, pastinya setiap bulan anda memperoleh tanda bukti atau yang berupa struk pembayaran tagihan PLN. ID pelanggan sudah tertera secara jelas di dalam tanda bukti pembayaran. Jadi jangan buang struk lama anda karena bisa saja ini berfungsi sebagai pengingat nomor ID anda.

2. Melalui Meteran Listrik

Selain menggunakan struk pembayaran tagihan PLN, untuk bisa mengetahui ID pelanggan bisa juga lewat meteran PLN yang ada di rumah anda. Anda bisa melihat di bagian barcode dimana disana tertempel di meteran. Anda akan menjumpai ID PLN yang terdiri dari 11 hingga 12 digit. Anda bisa memfoto atau mencatat nomor tersebut, lalu menggunakannya untuk melakukan pembayaran listrik. Setiap meteran tentu memiliki nya, terlepas dari merk meteran yang berbeda atau sama. Anda bisa mengamati saja barcode stiker yang ada di sana.

3. Kartu PLN

Ketika pendaftaran listrik, baik listrik prabayar maupun pascabayar anda tentu akan diberikan kartu PLN yang disana berisi ID atau nomor token listrik. Bila masih ada kartunya anda bisa mengamati bagian nomor meter. Itulah ID pelanggan milik anda. Supaya tidak lupa, maka kartu dapat difoto atau difotokopi sebagai pengingat bila sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

4. Struk Pembayaran E-Commerce

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengetahui ID pelanggan PLN milik anda yakni lewat struk pembayaran ecommerce. Hal ini bisa anda lakukan bila anda melakukan pembayaran tagihan listrik secara online lewat situs e-commerce seperti lazada, bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya. Di sana anda bisa menyimak struk pembayaran transaksi dan membuka email yang didalamnya berisi bukti pembayaran tagihan listrik terakhir anda. Di dalam email tersebut sudah tertera dengan jelas ID PLN milik anda lalu anda bisa mencatat atau menyimpannya. Siapa tahu sewaktu-waktu anda membutuhkan anda bisa menggunakannya.

5. Menghubungi Call Center PLN

Agar anda bisa tahu ID pelanggan pasca bayar terakhir yaitu dengan menghubungi call center PLN. Secara langsung menanyakan ID PLN kepada customer service, kemudian anda bisa berikan beberapa data pribadi jika diperlukan.

  • Telepon : (kode area) 123
  • Whatsapp : 123
  • Twitter : @pln_123
  • Email : [email protected]
  • Facebook : PLN 123

Informasi ini merupakan layanan PLN yang bisa anda hubungi agar bisa cek ID pelanggan PLN pasca bayar. Anda bisa menghubungi salah satu au layanan pln yang ada di atas.

Reply