Ketahui Cara Kerja Payment Gateway

Ketahui Cara Kerja Payment Gateway

Cara kerja payment gateway perlu diketahui mengingat sekarang ini segala sesuatu telah terintegrasi dengan internet, termasuk berbagai jenis pembayaran. Teknologi yang semakin berkembang pesat, semakin mendorong perubahan di kalangan masyarakat Indonesia. Transaksi jual beli pun saat ini sangat marak dilakukan secara online. Hal ini didukung oleh adanya payment gateway, serta adanya berbagai platform yang menyediakan peluang yang sangat lebar bagi para pelaku bisnis online.

Payment Gateway

Payment gateway merupakan sistem transaksi online yang khusus mengotorisasi pembayaran dalam transaksi tersebut. Pembayaran yang diotorisasi oleh payment gateway bisa berasal dari kartu kredit, kartu debit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya.

Adanya payment gateway dalam transaksi online membantu para pembeli dalam melakukan transaksi. Pembeli tidak harus menghubungi pihak ketiga untuk melangsungkan pembayaran. Selain itu, pembayaran juga akan cepat, mudah, dan aman.

Sedangkan, bagi pihak penjual, payment gateway juga mampu memberikan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah pemeriksaan pembayaran yang cepat dan mudah. Mampu menerima berbagai jenis pembayaran dan berbagai bank.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara Kerja Payment Gateway

Peran utama payment gateway dalam transaksi online adalah sebagai sebagai perantara antara website e commerce dengan merchan bank. Berkat adanya payment gateway ini, transaksi online yang seringkali Anda gunakan menjadi mudah, cepat dan aman untuk Anda lakukan. Adapun cara kerja dari payment gateway adalah sebagai berikut:

  1. Pembeli akan memilih dan membeli salah satu produk dari toko online yang ada di web e commerce. Informasi pembelian produk tersebut kemudian disampaikan pada payment gateway.
  2. Payment gateway akan menerima informasi dan meneruskan informasi yang diterima kepada prosesor pembayaran bank Anda.
  3. Prosesor pembayaran kemudaian akan menreuskan informasi transaksi yang telah dilakukan ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan, seperti Visa atau Mastercard.
  4. Bank yang terkait kemudian akan menerima informasi permintaan. Selanjutnya bank terkait akan memberikan balasan kepada prosesor dengan kode khusus serta mengonfirmasikan keberhasilan transaksi tersebut.
  5. Prosesor pembayaran kemudian akan mengirimkan pesan ke payment gateway dan diteruskan ke pemegang kartu dan web e commerce Anda.

Beberapa poin di atas merupakan cara kerja dari sistem payment gateway yang sering Anda gunakan untuk transaksi jual beli online. Dengan adanya sistem ini, transaksi online menjadi lebih cepat, mudah, dan aman. Terlebih lagi, sistem payment gateway memiliki standar keamanan yang cukup kuat, sehingga transaksi akan lebih aman dan terlindungi.

Standar Keamanan Payment Gateway

Untuk memberikan keamanan transaksi pelanggannya, payment gateway menerapkan standar keamanan melalui tiga sistem pelacakan, yaitu:

  1. Sistem Verifikasi Alamat. Dengan sistem ini, maka rincian tagihan dari pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat pada kartu yang terdaftar.
  2. Kode Keamanan Kartu. Dalam setiap transaksi, untuk menjaga keamanan transaksi, maka pelanggan akan diminta memaskukkan tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu kredit atau kartu kredit.
  3. Password Keamanan 3D. Sistem pelacakan ini digunakan untuk mengotorisasi proses pembayaran.

Dengan tiga sistem pelacakan tersebut, payment gateway yang terintegrasi pada berbagai proses pembayaran akan tetap aman. Diharapkan, dengan memahami cara kerja payment gateway beserta sistem keamanannya, masyarakat bisa lebih memahami tentang payment gateway.

Dengan demikian, proses pembayaran bisa digunakan dan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat, baik sebagai pelaku bisnis online maupun sebagai pelanggan bisnis online.

Reply